PROMOSI MARKETPLACE: MEMAKSIMALKAN ENGAGEMENT KONSUMEN (Analisa Kajian Kuantitatif)

Authors

  • Totok Soefijanto Program Studi Bisnis Digital Akademi Televisi Indonesia

Abstract

Persaingan Marketplace di Indonesia semakin ketat, dan  sudah menjadi pilihan utama masyarakat saat ini. Posisi konsumen menjadi lebih kuat dengan banyaknya pilihan toko daring seperti Tokopedia dan Shopee yang menempati posisi teratas, disusul Blibli.com. Keberhasilan pasar daring dipengaruhi oleh promosi yang intensif dan tepat sasaran, mendorong pelanggan untuk berbagi pengalaman berbelanja. Riset ini mengunakan pendekatan kuatitatif mengeksplorasi bagaimana promosi mempengaruhi minat konsumen dalam membeli dan berbagi melalui model AISAS (attention, interest, search, action, share). Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi secara signifikan memengaruhi komponen AISAS dengan korelasi positif sebesar 0,47. Kelompok perempuan berpenghasilan di atas 9 juta rupiah per bulan paling reseptif terhadap promosi.

References

Abdurrahim, M.S., Najib, M., & Djohar, S. (2019). Development Of AISAS Model To See The Effect Of Tourism Destination In Social Media. Journal of Applied Management (JAM), Volume 17 Number 1, March 2019: p. 133-143.

Aditiya, I.M. (2023). Marketplace Pilihan Masyarakat Indonesia di Tahun 2022. GoodStats. Diakses 24 Januari 2023. Tautan: https://data.goodstats.id/statistic/iipaditiya/marketplace-pilihan-masyarakat-indonesia-di-tahun-2022-cIt8f?utm_source=internal&utm_medium=top-bar&utm_campaign=read-top-bar&utm_content=cIt8f

Amin, M. F. & Husna, K. (2020). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Website, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Tokopedia.com. ACADEMICA Journal of Multidisciplinary Penelitianes Vol. 4 No. 1, Januari - Juni 2020: p. 117-132.

Cheah, J.H.; Ting, H.; Cham, T.H.; Memon, M.A. (2019). The effect of selfie promotion and celebrity endorsed advertisement on decision-making processes: A model comparison. Internet Res. 2019, 29, 552–577

Hendriyani, J.J.; Ceng, L.; Utami, N.; Priskila, R.; Anggita, S. (2013). Online consumer behavior: Confirming the AISAS model on Twitter users. In Proceedings of the International Conference on Social and Political Sciences, Karawaci, Indonesia, 25–26 February 2013.

Hermawan (2017). Sikap Konsumen Terhadap Belanja Online. WACANA, Volume 16 No. 1, Juni 2017, hlm. 136 - 147.

Mauludin, M.S., Saputra, A.D., Sari, A.Z., Munawaroh, I., & Regita, E.P. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di e-Commerce. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy. Volume 1, Issue 1, 2022 https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings

Meta (2023). Digital Commerce: The Roadmap to Growth in a Post-Pandemic Era. Facebook. Diakses 12 Januari 2023. Tautan internet: https://web.facebook.com/business/digital-commerce-report-apac-bcg-meta?_rdc=1&_rdr

Prabaningtyas, A., (2022). Pengaruh Kepercayaan, Harga Dan Ease Of Use Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Penggunaan E-Commerce Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Penelitian Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Pengguna Shopee). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Shyreen, N.A. , Astuti, D., & Noviyanti, D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian: Minat Konsumen, Harga, dan Kualitas Produk (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. Volume 3, Issue 5, Mei 2022: p. 540-551.

Sumerta, I.K., Widyagoca, I.G.P.A., & Meryawan, I.W. (2019). Online Consumer Behavior on Using Social Media on E-Commerce, based on the AISAS Model Approach. Case Study; Bukalapak, Tokopedia and Blili.com. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, Volume 8, No.1.5, 2019: p. 234-242.

Tsana, I., (2020). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Transaksi Belanja Online Via Platform Marketplace (Penelitian Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.

World Bank. (2023). Unlocking the Full Potential of Digital Merchants : Lessons from Round 2 of the COVID-19 Digital Merchants Surveys (English). Washington, D.C. : World Bank Group. Diakses 24 Januari 2023. Tautan: http://documents.worldbank.org/curated/en/099445501232332098/IDU0caec16700e19f0417e097dc07b7488cecce8

Xue, L.L.; Shen, C.C.; Morrison, A.M.; Kuo, L.W. (2021). Tourist Behavior of the Net Generation: An Empirical Analysis in Taiwan Based on the AISAS Model. Sustainability 2021, 13, 2781. https:// doi.org/10.3390/su13052781.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Soefijanto, T. . (2024). PROMOSI MARKETPLACE: MEMAKSIMALKAN ENGAGEMENT KONSUMEN (Analisa Kajian Kuantitatif). Journal Visioner : Journal of Television, 6(No, 1 Juli), 26–43. Retrieved from https://journal.atvi.ac.id/index.php/jurnal_visioner/article/view/54