Strategi Komunikasi Korporat Dalam Penyelesaian Krisis
(Studi tentang Konflik Buruh di PT. Drydock World Graha Batam)
Keywords:
Strategi, Komunikasi, Koporat, Krisis.Abstract
Setiap perusahaan harus mengantisipasi terjadinya krisis, karena dengan mengantisipasinya suatu perusahaan akan siap menghadapi krisis itu. Krisis dalam manajemen perusahaan merupakan suatu realitas yang harus dihadapi, ditanggulangi, dan dicari jalan pemecahannya agar tidak merugikan perusahaan itu sendiri. Kejadian musibah krisis yang menimpa setiap perusahaan, pihak manajemen tidak perlu takut dan bahkan dipandang sebagai hal yang normal, seperti resiko menghadapi suatu kerugian atau keuntungan dalam menghadapi persaingan bisnis yang menajam. Sangatlah penting bagi penulis untuk melihat permasalahan yang terjadi PT. Drydock World Graha Batam, terutama dalam menyelesaikan krisis melalui strategi komunikasi korporat, sehingga penelitian ini dapat dirumuskan untuk menjawab berbagai fenomena yang menyebabkan terjadinya krisis di PT. Drydock World Graha Batam; apakah ada hambatan-hambatan dalam menyelesaikan krisis tersebut; dan yang lebih penting adalah strategi apa yang digunakan dalam menyelesaikan krisis yang terjadi akibat konflik buruh di PT Drydock World Graha Batam. Masalah yang dirumuskan, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai sehingga dapat menjawab dan menyelesaikan konflik yang dihadapi oleh PT Drydock World Graha Batam, antara lain, untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan terjadinya krisis di PT. Drydock World Graha di Batam; untuk mengetahui strategi komunikasi korporat yang digunakan dalam menyelesaikan krisis di PT Drydock World Graha Batam. Dari data penelitian yang penulis peroleh melalui wawancara dan pendekatan serta di pertajam melalui teori-teori, maka terdapat beberapa hal yang mendasari terjadi krisis di PT DWG, antara lain masalah ketenagaan kerjaan, adanya kesenjangan sosial, dan diskriminasi kepada para pekerja, seperti perbedaan gaji antara tenaga kerja Indonesia dan asing yang jauh berbeda sekali,. Selain itu juga perbedaan fasilitas, tunjangan-tunjangan dan pemotongan gaji oleh outsource
References
Arta Sugih I Putu, 2021. Manajemen Risiko, Tinjauan, Teori dan Praktis. Cetakan Pertama, Penerbit : Widina, Bandung.
Barton, Lawrence, 1993. Crisis in organizations : Managing and Communicating in the heat of choos. Cincinnati, OH : Southwestern Publishing.
Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Edisi Revisi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Fearn-Banks, Katherine, 1996. Crisis Communication : A. casebook Approach. NJ : Lawrence Erlbaum AssociatesI Inc.
Gitosudarmo Indriyo & Sudita I. Nyoman, 2000. Perilaku Keorganisasian Edisi (cetakan kedua). Penerbit BPFP; Yogyakarta.
Iriantara, Yosal, (2004). Manajemen Strategis Public Relations, Jakarta.
Islami, A. (2020), Manajemen – krisis –dalam - organisasi. Retrieved from https://www.kompasiana.com/ajiislami/5e1c317a097f366037496032/manajemen-krisis dalam -organisasi?page=
Keith, Butterick. 2012. Pengantar Public Relation : Teori Dan Praktik, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Khasali, Rhenald. 1994. Managemen Public Relation : Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia, Jakarta. Pustaka Utama Grafiti.
Khasali, Rhenald. (2003). Manajemen Public Relations: konsep dan aplikasinya di Indonesia. pustaka utama grafiti.
Khasali, Rhenald. 2008. Managemen Public Relation, Jakarta. Gramedia Pustaka.
Madikunto, Totok. 1992. Penyuluhan Pembagunan, Surakarta. University Press.
Mulyana, Deddy, 2003. Metode penelitian Kualitatitf. Penerbit : PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Morissan, M.A. 2008. Manajemen Public Relations. Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta : Kencana.
Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations. Jakarta : Raja Grafindo.
Robbins P. Stephen & Judge A. Timothy, 2008. Perilaku Organisasi Edisi 12 (buku 2). Penerbit : Salemba Empat, Jakarta.
Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Vorst R. Charles, D.S. Priyarsono, Arif Budiman, 2018. Manajemen Risiko Berbasis SNI ISO 31000. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Penerbit : BSN – Jakarta.
Winkel, W.S. 1990. Bimbingan Dan Konseling, Jakarta. Prestasi Pustaka
Yin. R, 2000. Studi Kasus (Design dan Model), Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal Visioner : Journal of Media and Art
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.