Peran Sosial Media Sebagai Media Kampanye Sosial (Studi kasus pada kampanye sosial startup Opini.id dengan tema “Arti Sebungkus Nasi”)

Authors

  • Ita Suryani Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika

Keywords:

Sosial media, kampanye sosial

Abstract

Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai yang ada dalam masyarakat dengan realita yang ada. Masalah sosial yang sangat besar di Indonesia salah satunya diakibatkan oleh faktor ekonomi, yaitu kemiskinan. Kini kemiskinan menjadi masalah sosial ketika stratifikasi dalam masyarakat sudah menciptakan tingkatan atau garis-garis pembatas antara si kaya dan si miskin, yaitu suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Penanggulangan terkait masalah sosial dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan sosial media yang dilakukan oleh Opini.id dengan program kampanye “Arti Sebungkus Nasi”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus yaitu metode riset yang menggunakan berbagai sumber data yang bisa digunakan untuk meneliti, menguraikan dan menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek individu, kelompok, suatu program, organisasi atau peristiwa secara sistematis. Kesimpulan menunjukan bahwa isu sosial yang diangkat oleh Opini.id dalam video kampanye “Arti Sebungkus Nasi” dijadikan sebagai alat/media dalam membentuk kesadaran kemanusiaan. Kampanye isu sosial sebagai bentuk riil untuk membangkitkan kepedulian masyarakat dan mengurangi kebiasaan buruk para pengguna sosial media dengan cara yang cerdas.

Downloads

Published

2018-07-01

How to Cite

Suryani, I. . (2018). Peran Sosial Media Sebagai Media Kampanye Sosial (Studi kasus pada kampanye sosial startup Opini.id dengan tema “Arti Sebungkus Nasi”). Journal Visioner : Journal of Television, 1(1), 45–63. Retrieved from https://journal.atvi.ac.id/index.php/jurnal_visioner/article/view/5