MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF SISTEM PENYIARAN TELEVISI INDONESIA DI ERA MEDIA BARU

(Kajian Fenomenologi dengan Menggunakan Pendekatan Soft System Methology dengan Variabel Teknologi, Strategi dan Regulasi)

Authors

  • Ciptono Setyobudi Program Studi Produksi Media Akademi Televisi Indonesia
  • Ratih Damayanti Program Studi Bisnis Digital Akademi Televisi Indonesia

Abstract

 Penerapan Digital Televisi melalui kebijakan Analog Switch Off (ASO) belum mampu mendorong Penyiaran Televisi Nasional untuk bersaing dengan kehadiran media baru dengan platform digital berbasis streaming, terbukti revenue pada Industri Penyiaran Televisi yang terus menurun pendapatannya. Penyiaran Televisi adalah media aman untuk mendapatkan  konten hiburan dan informasi karena pengawasan  ketat secara materi dan durasi oleh berbagai pihak terkait. Disamping itu industri Penyiaran TV mampu memberikan dampak signifikan dibidang ekonomi dan bisa diandalkan untuk menjaga moral, etika serta  budaya bangsa sehingga harus dipertahankan keberadaannya dalam persaingan pada ekosistem industry media. Pendekatan Soft Systems Methodolgy dengan 3 variable berupa teknologi, strategi dan regulasi akan memberikan gambaran Langkah yang tepat agar Sistem Penyiaran Televisi di Indonesia tetap eksis ditengah dinamika  persaingan industri media di Indonesia

References

Allam, R., & Dinana, H. (2021). The Future of TV and Online Video Platforms: A Study on Predictors of Use and Interaction with Content in the Egyptian Evolving Telecomm, Media & Entertainment Industries. SAGE Open, 11(3). https://doi.org/10.1177/21582440211040804

Budzinski, O., Gaenssle, S., & Lindstädt-Dreusicke, N. (2021). The battle of YouTube, TV and Netflix: an empirical analysis of competition in audiovisual media markets. SN Business & Economics, 1(9), 1–26. https://doi.org/10.1007/s43546-021-00122-0

Choi, H. (2018). Broadcasting and telecommunications industries in the convergence age: Toward a sustainable public-centric public interest. Sustainability (Switzerland), 10(2), 1–15. https://doi.org/10.3390/su10020544

Firdaus, A., & Maarif, M. S. (2015). Aplikasi Soft System Methodology (Ssm) Untuk Perencanaan Terintegrasi Biofuel Dalam Sektor Pertanian Dan Sektor Energi. Jurnal PASTI, IX(1), 1–9.

Kim, J., Kim, S., & Nam, C. (2016). Competitive dynamics in the Korean video platform market: Traditional pay TV platforms vs. OTT platforms. Telematics and Informatics, 33(2), 711–721. https://doi.org/10.1016/j.tele.2015.06.014

Novani, S., Putro, U. S., & Hermawan, P. (2014). An Application of Soft System Methodology in Batik Industrial Cluster Solo by Using Service System Science Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 115(Iicies 2013), 324–331. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.439

Nuryanto Analis Kebijakan pada Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, A., Jenderal, S., Pendidikan, K., & dan Teknologi, R. (2021). Aplikasi Soft System Methodology (SSM) Untuk Pengembangan Strategi Pemberantasan Dalam Pandemi Covid-19 di Selandia Baru Application of Soft System Methodology (SSM) for Development of Eradication Strategies in the Covid-19 Pandemic in New Zealand. Jejaring Administrasi Publik, 13(1), 58–69.

Puthiyakath, H. H., & Goswami, M. P. (2021). Is Over the Top Video Platform the Game Changer over Traditional TV Channels in India? A Niche Analysis. Asia Pacific Media Educator, 31(1), 133–150. https://doi.org/10.1177/1326365X211009639

Sjøvaag, H., Olsen, R. K., & Ferrer-Conill, R. (2024). Delivering content: Modular broadcasting technology and the role of content delivery networks. Telecommunications Policy, 48(4). https://doi.org/10.1016/j.telpol.2024.102738

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Setyobudi, C., & Damayanti, R. (2024). MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF SISTEM PENYIARAN TELEVISI INDONESIA DI ERA MEDIA BARU: (Kajian Fenomenologi dengan Menggunakan Pendekatan Soft System Methology dengan Variabel Teknologi, Strategi dan Regulasi). Journal Visioner : Journal of Television, 6(No, 1 Juli), 44–56. Retrieved from https://journal.atvi.ac.id/index.php/jurnal_visioner/article/view/52