Kolaborasi Akademik dan Industri Melalui Praktik Siaran Langsung Mahasiswa: Implementasi Pendidikan Andragogi Berbasis Proyek
Keywords:
Kolaborasi akademi dan industri, pendidikan andragogi, pelajaran basis proyekAbstract
Kolaborasi antara institusi akademik dan industri menjadi salah satu pendekatan inovatif dalam mendukung pendidikan andragogi berbasis proyek. Penelitian ini membahas implementasi siaran langsung dan rekaman aktivitas seni, budaya, dan olahraga sebagai media pembelajaran yang relevan dan autentik bagi pembelajar dewasa. Melalui pendekatan ini, mahasiswa dilibatkan secara aktif dalam perancangan, pengelolaan, dan evaluasi proyek produksi media yang mengintegrasikan teknologi modern dan kerja sama triple helix. Studi kasus pada Institut Media Digital Emtek (IMDE) di tahun 2024 menunjukkan kontribusi mahasiswa dalam dua kegiatan besar, yaitu turnamen basket DOSS Cup dan Konser Vina Panduwinata & Addie MS. Dalam DOSS Cup, mahasiswa tidak hanya terlibat sebagai peserta, tetapi juga sebagai tim produksi yang menangani siaran langsung dan dokumentasi, sehingga memberikan pengalaman langsung dalam produksi media olahraga. Sementara itu, pada konser seni, mahasiswa berperan dalam dokumentasi acara, pengelolaan media sosial, dan pengemasan konten kreatif, yang memperluas wawasan mereka tentang industri seni dan budaya. Hasil kolaborasi ini memberikan dampak signifikan, tidak hanya dalam membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis yang relevan dengan dunia kerja, tetapi juga dalam memperkuat hubungan antara pendidikan, industri, dan pelestarian nilai-nilai lokal. Aktivitas berbasis proyek ini menjadi model pendidikan transformatif yang meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa, relevansi pembelajaran, dan keterhubungan dengan tantangan era digital. Melalui pendekatan ini, IMDE memposisikan dirinya sebagai institusi pendidikan tinggi yang adaptif terhadap kebutuhan industri dan masyarakat, sekaligus menjadi pelopor dalam pelaksanaan pendidikan andragogi berbasis proyek.
References
ACDP Indonesia. (2013, Agustus). Kemitraan Perguruan Tinggi - Industri - Pemerintah Untuk Mendukung Perkembangan Ekonomi di Indonesia. Sekretariat ACDP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil pada 22 November 2024, dari https://repositori.kemdikbud.go.id/8573/1/Policy-Brief-ACDP-UIG-IndonesiaFINAL1.pdf
Alam, A. (2021). Necessity of Andragogy in The Managerial Education Programs to Facilitate Learning of The Professionals: A Literature Reviews. Asian Journal of Management Sciences & Education, 10(1), 1–9.
Arutmayanti, N., & Hiryanto. (2023). Implementation of the Andragogy Approach in Educational Settings: A Systematic Literature Review. International Journal of Multiculticultural and Multireligious Understanding, 10(8), 346–355. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v10i8.4980
Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., & Mike. (2011). Defining Twenty-First Century Skills. In Assessment and Teaching of 21st Century Skills (pp. 17–66). Springer, Dordrecht. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-94-007 2324-5_2
Cai, Y., & Lattu, A. (2021). Triple Helix or Quadruple Helix: Which Model of Innovation to Choose for Empirical Studies? Minerva, 60, 257 280. https://doi.org/10.1007/s11024-021-09453-6
Desta, S. Z., & Gugssa, M. A. (2022). The Implementation of Andragogy in the Adult Education Program in Ethiopia. Education Research International, 2022(1), 1-11. https://doi.org/10.1155/2022/2028248
DOSS Camera & Gadget. (2024, November 1). DOSS Selenggarakan DOSS Basketball Tournament 2024, Jadi Kompetisi Basket Paling Bergengsi di Jakarta. doss.co.id. Diambil pada 20 November 2024, dari https://www.doss.co.id/news/dossselenggarakan-doss-basketball-tournament-2024-jadi kompetisi-basket-palingbergengsi-dijakarta srsltid=AfmBOordDjJMy7nYmbmMRfaSig78JS0La6oK8rdPw8hZbOWJxK
DiUQMK
Etzkowitz, H. (2003). Innovation in Innovation: The Triple Helix of University-IndustryGoverment Relations. Social Science Information, 42(3), 293–337. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/05390184030423002
IMDE. (2024). Tentang Kami. emtekedu.ac.id. Diambil pada 20 November 2024, dari https://emtekedu.ac.id/id/tentang-kami
Leal Filho, W., Azul, A. M., Brandli, L., Lange Salvia, A., & Wall, T. (Eds.). (2021). Industry, Innovation and Infrastructure. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95873-6
Leydesdorff, L. (2012). The Triple Helix, Quadruple Helix, …, and an N-Tuple of Helices: Explanatory Models for Analyzing the Knowledge-Based Economy? Journal of the Knowledge Economy, 3, 25–35. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s13132-011-0049-4
Liputan6.com. (2024, Oktober 29). Kepala LLDIKTI III Serahkan SK Institut Media Digital Emtek ke Jajaran Rektorat. Liputan6.com. Diambil pada 20 November 2024, dari https://www.liputan6.com/news/read/5764644/kepala-lldikti-iii-serahkan-sk-institutmedia-digital-emtek-ke-jajaran-rektorat
Mazzola-Randles, C. C. (2020). To What Extent Does Education Prepare Students for The 21st Century to Become Self-Regulated, Future-Proofed Students, Using Networked, Technological Environments. Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/341792689_To_what_extent_does_education_prepare_students_for_the_21st_century_to_become_self-regulated_futureproofed_students_using_networked_technological_environments
Nurcahyono. (2015). Triple Helix Sebagai Strategi Minimalisasi Pengangguran Terdidik Menyongsong Indonesia Tanpa Penganguran. Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa (LP2IM) Unimed. https://lembagapenalarandanpenelitian.blogspot.com/2015/04/triple-helix-sebagaistrategi.html
Rahmawati, Y. I., & Hiryanto. (2023). Implications of The Andragogy Concept un Various Community Education Settings: A Literature Review. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 85–96. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/empowerment.v12i2.3916
RRI. (2024, Oktober 1). YAPI Gelar Konser Amal untuk Beasiswa Mahasiswa IPB. rri.co.id. Diambil pada 20 November 2024, dari https://www.rri.co.id/lain-lain/1027791/yapigelar-konser-amal-untuk-beasiswa-mahasiswa-ipb
Wark, N., & Ally, M. (2020). An Emergent Pedagocical Framework for Integrating Emergent Technologies into Curriculum Design. Bridging Human and Machine: Future Education with Intelligence, 89-111. , https://doi.org/10.1007/978-981-15-0618-5_6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Visioner : Journal of Television

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.